Fakta Menarik Tentang Pertarungan Chelsea Vs Bayern Munich

Fakta Menarik Tentang Pertarungan Chelsea Vs Bayern Munich


Keberhasilan Chelsea merengkuh gelar juara Liga Champions dinihari tadi (19/5/2012) membuat mereka di dapuk sebagai klub London pertama yang berhasil memenangi kompetisi tersebut.

Selain Chelsea, ada lima tim ibukota lainnya yang berstatus juara Eropa yaitu Real Madrid (9), Ajax Amsterdam (4), Sporting Lisbon (2), Steaua Bucharest (1), Red Star Belgrade (1).

Chelsea juga menjadi tim kedua yang memenangi Liga Champions ketika kota markas mereka menjadi tuan rumah Olimpiade (musim dingin) -- London menghajat event tersebut pada 27 Juli-12 Agustus. Sebelumnya adalah Barcelona pada tahun 1992

Berikut fakta-fakta menarik  tentang pertarungan Chelsea dan Bayern Munichdi Liga Champions dinihari tadi seperti dilansir Infostrada:

> Inter Milan adalah tim terakhir yang memenangi Liga Champions di kandang sendiri pada tahun 1965. Sejak saat itu, belum ada tim yang berhasil melakukannya. AS Roma gagal di tahun 1984 dan Bayern Munich juga sial di 2012.

> Chelsea adalah klub kedua yang berhasil memenangi gelar Piala FA dan Liga Champions pada musim yang sama. Klub pertama yang melakukannya adalah Manchester United saat meraih treble winners musim 1998/1999.

> Untuk kali ke-10, seorang manajer Italia memenangi Liga Champions, melebihi 9 kemenangan manajer asal Spanyol. Roberto di Matteo adalah manajer Italia pertama yang berhasil meraihnya dengan klub asing di luar Italia.

> Untuk pertama kalinya Bayern kalah dalam adu penalti di Liga Champions. Pada empat adu penalti yang pernah dijalani, mereka selalu menang.

> Bayern bergabung AC Milan dan Juventus, sebagai klub-klub yang pernah kalah di tiga final Liga Champions dalam kurun waktu 1992-2012.

> Thomas Mueller menjadi pemain Jerman pertama yang mencetak gol di final Liga Champions sejak Stefan Effenberg di tahun 2001.

> Didier Drogba menjadi pemain Afrika ketiga yang mencetak gol di final Liga Champions setelah Rabah Madjer (Aljazair) bersama FC Porto di tahun 1987, dan Samuel Eto'o (Kamerun) pada tahun 2006 dan 2009 bersama Barcelona.

> Chelsea tidak pernah gagal lolos ke Liga Champions sejak Roman Abramovich mengambil alih kepemilikan di Stamford Bridge pada Juni 2003.

> Ini adalah pertandingan Liga Champions ke-100 untuk Chelsea sejak dipimpin Abramovich. Sejak itu, tidak ada tim lain yang telah memainkan lebih dari 91 pertandingan Liga Champions. Hanya satu tim yang berhasil mengalahkan raihan 180 poin milik Chelsea dari pertandingan sebanyak itu, yakni FC Barcelona, yang berhasil mengemas dengan 190 poin dari 91 pertandingan.

> Arjen Robben gagal mengeksekusi penalti di perpanjangan waktu. Dia juga pernah gagal melakukannya saat Chelsea menghadapi Liverpool di semifinal Liga Champions 2007.

> Ashley Cole adalah pemain ketiga yang mengalami kegagalan di dua final Liga Champions pertamanya sebelum memenangi final yang ketiga. Final pertamanya adalah bersama Arsenal di tahun 2006. Kedua pemain lain adalah Velibor Vasovic dan Zinedine Zidane.

> Untuk kali ke-10 di sejarah Piala Champions (dan kali keenam di era Liga Champions), final ditentukan lewat adu penalti.

> Fernando Torres telah memenangki gelar bergengsi pertama di tingkat klub dalam kariernya, dengan catatan bila Piala FA tidak dihitung. Jika dihitung, maka Torres memenangi dua gelar dalam waktu 15 hari.

>Pemain Chelsea, Ryan Bertrand adalah pemain pertama yang melakukan debut pertamanya di final Liga Champios, tetapi bukan pemain pertama yang melakukan debutnya di Eropa untuk pertama kali di final Liga Champions. 30 tahun lalu, Nigel Spink membuat debut Eropa pertama bagi Aston Villa di final Liga Champions, yang dimenangi Aston Villa saat melawan Bayern Munich. Tiga tahun sebelumnya, Trevor Francis juga mengawali debutnya dan mencetak gol di final tahun 1979 ketika Nottingham Forest mengalahkan Malmo dengan skor 1-0.

>Bastian Schweinsteiger adalah pemain tercepat yang di kartu kuning pada final Liga Champions, yakni di menit kedua.


Article Information



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Simpel News, Published at 23.52 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar