Inilah 10 Gadget Paling Tahan Banting

Inilah 10 Gadget Paling Tahan Banting


Anda tentu tahu bahwa alat elektronik dan air tidak akan pernah dapat akur. Itu sebabnya kita tidak pernah memotret di tengah hujan. Tapi mungkin anda pernah lihat orang memotret di tengah hujan, memang ada gadget-gadget yang tahan hujan, biasanya disebut splashproof.

Perangkat elektronik tersebut biasanya memang dirancang khusus dengan banyak seal karet pada bodinya dan bahkan ada standar pengujiannya. Sertifikasi untuk tingkat tahan air suatu piranti elektronik disebut ip rating, sesuai standar internasional iec 60529.

1.Kamera Digital   Panasonic DMC-FT3  




Kamera saku paling tangguh saat ini adalah panasonic FT3. Kamera ini dapat digunakan sampai kedalaman 12 meter, paling dalam dari yang lainnya.

Kamera ini juga tahan benturan saat dijatuhkan dari ketinggian 2 meter, lagi-lagi paling kuat dari kamera lainnya. Meskipun begitu, FT3 tetap ramping. Padahal, kamera ini dilengkapi built-in gps, altimeter, kompas, dan barometer.

Kemampuan memotretnya juga tak kalah canggih. Sensor 12 mega pixelnya bahkan dapat menghasilkan foto 3 dimensi dan merekam video full HD 1920×1080 pixel.

2. External HDD




Produsen ini memproduksi gadget paling tangguh, mungkin di seluruh dunia. Mottonya saja “hardware tahan bencana“. Produknya yang lebih mahal bahkan ada yang menjanjikan storage enclosure tahan api. 

Tipe Rugged Portable sendiri diklaim dapat tertindih sampai 2,5 ton, jatuh dari ketinggian 3 meter, terendam sampai kedalaman 10 meter selama 3 hari, dan terendam bahan kimia sampai selama 1 jam. Jika perlindungan gagal, Iosafe memberikan garansi data recovery pada tiap produknya. 

Produsen ini bahkan mendemokan bahwa produknya tahan peluru. Tidak hanya kuat, Rugged Protable juga kencang dengan koneksi USB 3.0. Padahal, harganya tidak mahal, mulai dari $ 149.

3. USB Flash Drive ATP Toughdrive


ATP mengklaim bahwa flash drive mereka yang satu ini tahan banting dan tahan rendam. Tentu saja, hal tersebut tidak terdengar spesial dikarenakan flash drive tidak memiliki komponen bergerak. 

Namun, video ini menguji Toughdrive dengan sangat ekstrem. Setelah dilindas mobil, dibakar selama 1 menit, ditembaki airsoft gun, dan dibakar untuk kedua kalinya, toughdrive masih berfungsi. Bahkan, lampu LED di bagian luarnya masih menyala.

4. Komputer Stealth Computing




Kedua storage di atas memang tangguh, tapi tidak berguna tanpa sebuah komputer. Jika anda menginginkan proteksi tertinggi bagi komputer anda, Stealth Computing menawarkan solusinya. 

Produsen ini menawarkan beragam komponen PC tahan air yang modular. Anda dapat memilih keyboard dan mouse yang cocok, kemudian memilih display dari ukuran 15 sampai 19 inci, dengan atau tanpa kemampuan layar sentuh. 

Unit PC adalah sebuah kotak hitam dengan kabel khusus anti air. Komputer ini dilengkapi Intel Atom Dual Core 1,6 GHz dan RAM 2 GB. Spesifikas tersebut memang hanya memberikan kinerja yang pas-pasan, namun produsen mengklaim unit PC dapat beroperasi bahkan saat terendam air.

5. Notebook Dell Latitude XT2 XFR




Jika ingin lebih mobile, tentu saja notebook lebih cocok daripada komputer. Perangkat mobile juga lebih rentan cuaca karena itu tak mengejutkan jika pilihan notebook tahan air lebih banyak ketimbang komputer. Kebanyakan lebih powerful dari komputer di atas, tetapi dengan sertifikasi tahan air yang lebih rendah.  

6. Tablet   DLI 8300



adalah sebuah komputer murni dalam bentuk tablet. Casingnya tahan rendam (dalam keadaan mati) dan tahan jatuh dari ketinggian 1,2 meter. DLI 8300 menggunakan OS Windows 7 dengan Intel Atom Z530, RAM 2 GB, dan SSD sampai 64 GB. Layarnya memiliki resolusi 1024×768 pixel dengan ukuran 8,4 inch. 

7. Telepon Seluler   Getac MH132



Browsing atau mengupdate status facebook sehabis tsunami memang memungkinkan dengan gadget-gadget di atas. Tetapi, untuk komunikasi suara (GSM), hanya sebuah handphone yang dapat melakukannya. Feature apa yang dimiliki smartphone anda? 

Kemungkinan besar, feature tersebut ada juga pada Getac MH132. Bedanya, ponsel ini tidak takut banjir. MH132 menggunakan OS Windows Mobile 6.5 dan Qualcomm 600 MHz. Ponsel ini dilengkapi konektivitas HSUPA, Wi-Fi, Bluetooth, dan GPS. Juga tersedia kamera 3,2 megapixel, layar sentuh 3,2 inci, dan slot micro SD sampai 32 GB.

8. GPS   Garmin


Ponsel anda mungkin dilengkapi GPS, tetapi cepat atau lambat baterai lithium ponsel akan mati. Sehabis bencana, kemungkinan sulit mendapatkan tempat untuk mengisi ulang. GPS receiver Garmin menggunakan baterai AA sehingga dapat diganti dengan mudah. 

Seluruh tipe teratasnya memiliki rating ipx7, yang berarti dapat dioperasikan meskipun terendam. Ada banyak pilihan tipe, termasuk Oregon 450 yang touchscreen atau GPSmap 62S yang konvensional. Anda tinggal pilih sesuai keinginan.

9. Mp3 Player   Exeze WMR



pada Mp3 Player Exeze WMR berarti gadget ini dapat digunakan saat terendam secara terus-menerus. Dilengkapi kapasitas 4 GB dan earphone khusus untuk penggunaan dalam air, Exeze WMR memungkinkan anda untuk mendengarkan sampai 1000 lagu sambil berenang. Tentu bermanfaat untuk melawan kebosanan saat (misalnya) anda sedang berenang menyeberangi selat sunda.

10. Laser pointer Jetlasers



Perlu memberikan presentasi segera setelah tsunami? Maka anda perlu laser pointer tahan air. Jetlasers (rating ipx8) memiliki banyak tipe laser pointer dan laser kekuatan tinggi yang tahan air. Tipe teratasnya terbuat dari titanium, tahan jatuh dari 2 meter, dan dapat digunakan secara terus-menerus sambil terendam air. Satu-satunya masalah adalah di mana mendapatkan proyektor yang tahan air.






share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Simpel News, Published at 22.15 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar