Sekarang Senapan Angin dan Air Softgun Harus Punya Izin Kepolisian

Sekarang Senapan Angin dan Air Softgun Harus Punya Izin Kepolisian


Sekarang Senapan Angin dan Air Softgun Harus Punya Izin Kepolisian

Saat ini kejahatan dengan menggunakan senjata api kian marak. Untuk itu kepolisian melakukan pengetatan pengawasan terhadap senjata api yang beredar dimasyarakat termasuk kepemilikan senapan angin dan senjata air softgun.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Saud Usman Nasution menjelaskan berdasarkan undang-undang tahun 1936 tentang senjata api yang tertuang dalam lembar negara tahun 1937 Nomor 170 yang diubah dengan lembar negara tahun 1939 nomor 278.

Dalam pasal 1-nya menjelaskan bahwa barang yang termasuk kategori senjata api termasuk didalamnya bagian senjata api, meriam dan penyembur api dan bagian-bagiannya, senjata-senjata tekanan udara, dan senjata-senjata tekanan per, atau pistol penyembelih, pistol pemberi isyarat dan sejata-senjata api tiruan seperti senjata tanda bahaya, pistol perlombaan, revolver-revolver tanda bahaya dan revolver perlombaan, pistol mati suri dan revolver mati suri, serta benda-benda serupa yang bisa digunakan untuk mengancam dan mengejutkan.

"Demikian bagian-bagiannya juga, dengan artian bahwa senjata tiruan tadi hanya dinyatakan tidak senjata api, apabila dibuat untuk senjata mainan anak-anak," kata Saud di Bareskrim Polri, Kamis (31/5/2012).

Untuk senapan angin dan airsoftgun yang kalibernya 4,5 milimeter, dikatakan Saud tentu harus mendapatkan izin dari Polda dalam penggunaannya.

Sementara senapan angin dan senjata air softgun yang disita polisi dari tangan anggota perbakin TK dan YK baru-baru ini, selain tidak berizin kalibernya di atas 4,5 milimeter.

"Ini ada yang kaliber 5,5 mm ada yang 6 mm. Ini yang kita amankan dan nanti diteliti. Apakah ini termasuk senjata api atau bukan, karena dalam ketentuan juga termasuk peluru-peluru tajam, karena itu kita akan teliti lebih lanjut," ungkapnya.

Seperti diketahui, polisi menyita empat senjata api tanpa izin dari tangan TK dan YK beserta puluhan senjata air softgun dan senapan angin. Mereka menyimpan senjata-senjata tersebut digudang senjata milik mereka yang tiada lain merupakan kediamannya. Kini pihak kepolisian masih mengembangkan kasus tersebut untuk menulusuri dari mana asalnya.

Article Information



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Simpel News, Published at 07.08 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar