4 Cara Sukses Berjualan di Internet

4 Cara Sukses Berjualan di Internet


Berjualan di dunia maya sudah bukan sesuatu yang aneh lagi. Dulu mungkin tak banyak orang yang melakukan hal ini, tapi sekarang hampir seluruh orang yang berjualan mulai merambah dunia maya.

Persaingan semakin ketat. Berbagai strategi pemasaran pun disiapkan dan dilancarkan demi meningkatkan profit. Tapi tidak usah khawatir, tersedia banyak ruang di dunia maya baik untuk veteran maupun pemula.

Mark Kirschner, Vice CMO Rakuten, salah satu situs belanja online terbesar di Jepang membagi tips untuk sukses berjualan melalui dunia maya. Berikut empat tips Sukses Berjualan di Internet.

1. Selalu sediakan yang terbaik


Berjualan di dunia maya itu seperti berbelanja minuman lewat mesin alias vending machine tapi berukuran super besar. Anda lihat, Anda bayar, Anda terima barang. Pihak penjual selalu berharap barang diterima konsumen tanpa cacat, dijual di harga terbaik sesuai spesifikasi. Supaya semuanya terpenuhi dengan baik ini sangatlah krusial.

Jika semuanya terpenuhi, maka Anda sudah siap untuk berjualan di dunia maya dan konsumen pun dipastikan akan mulai melirik Anda. Agar konsumen bisa setia, Anda harus menciptakan sebuah layanan yang tak terlupakan bagi konsumen.

Layanan seperti ini disebut Omotenashi oleh orang Jepang, yaitu layanan yang diberikan secara maksimal tanpa melihat bentuk barangnya, baik itu murah maupun mahal. Salah satu contohnya adalah dengan memberikan bonus, diskon, atau hadiah kecil. Loyalitas konsumen itu tidak bisa dibeli dengan uang.

2. Biarkan pembeli punya kenyamanan berbelanja sendiri


Pembeli jaman sekarang tidak bisa 'dipaksa' hanya melalui iklan. Mereka terhubung dengan baik ke berbagai sumber di dunia maya, mulai dari blog, review, tweet dan bahkan Facebook. Penjual yang baik adalah yang bisa menyediakan barang dagangannya di berbagai media tersebut.

Kecepatan juga menjadi kunci dalam berjualan online. Respon penjual harus cepat tanggap dalam menyediakan barang yang diinginkan pembeli. Jika sedikit lambat saja, si pembeli biasanya sudah menemukan barang yang diinginkan di tempat lain.

3. Berceritalah kepada pelanggan


Internet adalah media yang sangat tepat untuk bercerita. Dengan memberikan kisah serta latar belakang toko, si penjual biasanya bisa menarik hati pelanggan lebih dalam dari hanya ketimbang memberikan diskon atau bonus.

Pelanggan selalu ingin tahu lebih dalam mengenai produk yang mereka gunakan, dan ingin percaya terhadap toko yang menjualnya. Berceritalah tanpa batas, mulai dari di blog, Twitter hingga Facebook. Jangan pelit gunakan ruang, pakai foto, video dan penghias laman lainnya.

Jangan sampai Anda hanya menjadi situs jual-beli yang kaku tanpa keinginan untuk menjadi teman dari pelanggan Anda.

4. Dekati teman Anda, tapi lebih dekati lagi musuh Anda


Jual-beli online semakin hari semakin marak. Inovasi-inovasi baru diciptakan b
anyak orang untuk menjaring pelanggan. Jangan tinggal diam, perhatikan juga apa yang dilakukan oleh kompetitor Anda.

Amati perkembangan mereka dan cari langkah untuk bisa mengungguli mereka. Cari tahu bagaimana mereka memperlakukan pelanggan, melakukan promosi, sampai jenis barang yang dijual di situsnya.

Anda juga bisa memonitor perkembangan kompetitor melalui blog, Twitter hingga Facebook tadi. Jangan hanya fokus kepada 'musuh' saja, Anda juga harus pantau perkembangan pelanggan dengan lebih baik lagi.

Article Information



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Simpel News, Published at 20.03 and have 1 komentar

1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus