Curahan Cinta Remaja

Curahan Cinta Remaja

Bagi kebanyakan remaja, curhat cinta adalah topik yang paling sering diobrolkan dalam setiap perbincangan mereka. Tentu tak ada yang salah dalam hal ini, paling tidak dengan curhat, hati kita akan menjadi lebih lapang. Ini lebih baik daripada masalah cinta kita hanya dipendam dalam hati, lalu timbul jerawat.

Curahan Hati Remaja

Bagi Pencurhat

Ingat ya, kita boleh curhat tapi hanya kepada orang yang kita percaya saja. Jangan sampai setiap orang kita curhati. Masa semua orang yang lewat rumah, dari ibu-ibu sampai penjual sayur, semua tahu masalah cinta kita? Wah, malu kan.

Orang yang kita percaya untuk curhat bukan hanya teman atau sahabat lho, tetapi juga termasuk orang tua kita! Ya, kenapa tidak? Justru jika kita curhat kepada  orang tua membuat kita terlihat lebih dewasa, menganggap mereka bijak, menjadikan mereka orang yang terdekat, sekaligus menghargai mereka.

Kalau orang tua malah tidak mau mengerti, setidaknya kita sudah berusaha untuk terbuka dan mau berkomunikasi kepada mereka. Tidak ada salahnya, kan.

Tetapi jika yang menjadi masalah justru orang tua kita, ini yang agak rumit alias kusut. Tetapi benang kusut tak berarti tak bisa diurai, kan. Cari saja tempat curhat lain. Carilah yang bijak, yang mau mendengarkan kita, yang adem kalau diajak bicara dari hati ke hati. 

Kalau mentok sama sekali, kita bisa mengirim surat konsultasi ke atau email ke web konsultasi remaja dan keluarga.

Ingat, jangan sampai orang yang kita curhati malah memanas-manasi kita untuk memulai “peperangan” secara terbuka dengan orang tua. Wah, pertanda orang ini tidak bijaksana banget.

Bagi “Korban” Pencurhat

Satu kata bagimu, kasian deh. Tetapi bukankah itu gunanya teman? Kita menjadi tempat bagi curhat teman kita. Atau bagi orang tua, menjadi tempat curhat dari anak kita. Ini artinya Anda mendapatkan kepercayaan penuh dari si pencurhat. Berbanggalah, dan berusahalah menjalankan kepercayaan ini sebaik mungkin.

Sebagai orang tua, hargai anak dan bijaklah. Mengertilah dan maafkan jika mereka salah, karena kesempatan mereka untuk memperbaiki diri masih panjang.

Ada perkataan Mother Theresa yang menarik yang perlu kita renungkan bersama.
“Menyebarkan kasih (di dunia) tidaklah sulit. Kasih berasal dari rumah, hidup dalam keluarga. Mengapa sekarang begitu banya kejadian di dunia yang mengiris hati? Itu semua karena para orang tua saat ini hidup penuh ambisi, memburu ke kaya dan kemahsyuran . 

Sehingga, tanpa disadari, anak-anak di rumah justru kekurangan kasih dan cinta orang tua. Akhirnya, perdamaian dunia terkikis, mulai dari dalam RUMAH.”

Ketika sesi curhat, dengarlah semua curahan hati si penderita. Biarlah dia menumpahkan segala kesedihan dan masalahnya, agar plong dadanya. Sesekali anggukkan kepala, dan tataplah wajahnya pertanda memperhatikan dengan baik.

Setelah semua keluh kesah keluar, lihat, apakah dia telah mengeluarkan semua unek-uneknya. Atau, apakah dia telah siap mendengarkan nasihat dari kita. Syukur-syukur jika dia meminta pemecahan masalah dari kita, jadi bisa dengan mudah kita memberikan solusi.

Beban masalah, apalagi masalah cinta, sering membuat orang buta mata, tertutup akal jernihnya. Maka sepantasnya bagi kita untuk menunjukkan mana yang benar, mana yang sebaiknya dilakukan, tentu dengan bahasa yang penuh pengertian dan bijak.

Pesan Terakhir

Buat para “curhater” cinta, ingatlah bahwa hidup masih panjang, jauh ke depan. Masalah cinta, apa pun itu, hanyalah salah satu episode dari kehidupan kita. Maka bijaklah mengatasinya, jangan semua pikiran kita terkunci padanya.

Bersikaplah tetap positif walaupun itu sulit. Bayangkan 10 tahun ke depan kita akan sesukses apa. Masalah cinta bukan segalanya, jangan gara-gara masalah cinta ini membuat kita terperosok hingga menghancurkan hidup kita.

Tetap minta pertolongan dan petunjuk dari-Nya. Karena Dia Maha tahu semua dan apa yang terbaik bagi kita. Percayalah! 





share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Simpel News, Published at 04.37 and have 1 komentar

1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus