5 Konsol Game yang Gagal Menuai Kesuksesan

5 Konsol Game yang Gagal Menuai Kesuksesan

Saat ini mungkin gamer hanya akrab dengan PlayStation, Xbox atau Nintendo Wii. Namun tahukah Anda jika sebelumnya juga sudah banyak muncul beragam mesin game. Sayang, banyak yang gagal menuai kesuksesan.

Selama beberapa dekade para produsen konsol game terus melakukan riset untuk menghasilkan produk terbaik. Dan bukan hanya Sony, Microsoft, atau Nintendo saja yang berkecimpung di industri ini, Apple juga sebelumnya sempat merilis produk untuk gamer namun hasilnya tak sesuai harapan.

Nah, berikut adalah sejumlah konsol game dari beberapa vendor yang gagal memikat para gamer. Seperti dirangkum Sniper Techno, Rabu (18/7/2012).

Sega CD

Mungkin banyak yang mengira bahwa konsol game pertama dengan CD adalah PlayStation, namun ternyata Sega sudah meluncurkan konsol tersebut terlebih dahulu.

Sega CD diluncurkan disekitar tahun 1993, walau dibanderol cukup terjangkau yakni USD 299 namun konsol ini tidak banyak terjual. Padahal saat itu ini adalah konsol paling canggih dengan pemutar CD.

Namun ternyata kecanggihannya itulah yang membuat konsol ini tenggelam dengan cepat. Sega CD menggunakan CD-rom berkecepatan 1X yang menggakibatkan lamanya proses membaca game di konsol ini, dan lebih menjengkelkannya lagi, saat memutar video di dalam game pun gambar terlihat patah-patah.

Alhasil, gamer yang saat itu sedang dibuai dengan konsol game berbasis cartridge pun berlahan-lahan melupakan Sega CD.

SEGA Saturn
5 Konsol Game Yang Gagal Menuai Kesuksesan

Setahun setelah meluncurkan Sega CD, Sega kembali mencoba peruntungan dengan menghadirkan Sega Saturn. Konsol ini sejatinya merupakan mesin game 32bit yang amat menjanjikan, spesifikasinya tergolong canggih meski kembali menggunakan cartridge sebagai media game.

Namun sayang SEGA Saturn harus bersaing PlayStation generasi pertama dan Nintendo 64 yang memiliki permainan lebih variatif. 

Apple Bandai Pippin


Ini merupakan konsol game pertama besutan Apple yang berkolaborasi dengan Bandai. Produk ini dibuat berdasarkan platform Machintosh dan diperkuat dengan jeroan Motorola PowerPC processor.

Namun lagi-lagi Apple Bandai Pippin dilibas oleh PlayStation. Meski secara spesfikasi lebih canggih, namun harganya yang dua kali lebih mahal dari PlayStation membuat banyak gamer mencibirnya. Hingga akhirnya dilupakan sebagai konsol game canggih.

Atari Jaguar

Atari Jaguar merupakan konsol game yang cukup tua, dirilis pada tahun 1993 dan dihentikan pemasarannya pada 1996. Dalam kurun 3 tahun konsol ini hanya terjual kurang dari 250 ribu unit.

Konon, kesalahan terbesar konsol ini adalah strategi pemasaran yang mengklaim bahwa ini adalah konsol game 64bit, padahal dilihat dari spesifikasinya jeroan produk ini hanya mendukung instruksi 32bit.

Nintendo Virtual Boy

Konsep yang ditawarkan Nintendo Virtual Boy memang sangat menarik di eranya, yakni pada tahun 1995. Konsol ini menawarkan permainan seru berbasis Virtual Reality (VR), namun karena harganya yang tinggi produk ini tak laku di pasaran.

Selain itu bentuknya yang dianggap nyeleneh juga diduga jadi salah satu penyebab konsol ini hanya dipasarkan selama satu tahun. Sangat singkat memang.
Article Information



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Simpel News, Published at 22.37 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar