Ilmuwan Temukan Planet "Neraka"

Ilmuwan Temukan Planet "Neraka"

Para pakar astronomi dengan menggunakan teleskop antariksa NASA berhasil menemukan sebuah planet "neraka' yang berukuran kecil. Planet itu memiliki permukaan yang ditutupi oleh larva cair.


Dilansir Skymania, Sabtu (20/7/2012), planet baru yang diberi label UCF-1.01 terletak di 33 tahun cahaya di konstelasi Leo. Dengan demikian planet tersebut menjadi objek yang paling dekat ditemukan di luar tata surya kita. UCF-1.01 ditemukan secara tidak sengaja oleh tim internasional yang menggunakan observatorium Spitzer.

Salah satu ilmuwan, Kevin Stevenson dari University of Central Florida mengatakan, "Saya melihat objek kecil yang samar dalam cahaya bintang dan saya ingin mengetahui objek tersebut. Saya tahu jika sinyal-sinyal itu periodik bisa dikatakan bahwa itu adalah sebuah planet yang tidak dikenal."

Sementara itu, Profesor Joseph Harrington dan mahasiswa Nate Nafsu, yang merupakan bagian dari UCF, melakukan pengamatan ratusan jam dari data yang dikumpulkan Spitzer, wahana Deep Impact, teleskop VLT di Chile serta Teleskop yang berada di Kanada, Perancis, dan Hawaii. Dari pengamatan tersebut mereka menemukan gambaran yang lebih detil mengenai kondisi planet tersebut.

Mereka menghitung lebar planet sekira 5.200 mil (8.400 km) dan mengorbit dekat dengan bintang induknya planet tersebut berputar mengelilingi orbitnya hanya 1,4 dari rotasi bumi. Kemudian suhu di planet tersebut mencapai 600 celcius. 

Ilmuwan Temukan Planet "Neraka"

Article Information



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Simpel News, Published at 22.54 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar