Nasehat Menkes Tentang Pacaran yang Sehat Untuk Remaja

Nasehat Menkes Tentang Pacaran yang Sehat Untuk Remaja

Memperingati Hari Anak Nasional 2012 Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi berpesan mengenai perilaku remaja yang dapat mempengaruhi kesehatannya. Menurutnya, kepemilikan iman yang kuat dan pembentukan moral yang baik sangat perlu ditanamkan pada diri setiap remaja. Hal ini menjadi salah satu cara guna menjaga pembangunan kesehatan generasi muda.

Tren seks bebas yang mulai merasuki anak muda sekarang merupakan peringkat pertama dalam penyebaran HIV di kota-kota besar, tak terkecuali di Indonesia. Sebanyak 51,3 persen penyebaran HIV di Indonesia terjadi akibat hubungan seks bebas dan angka tersebut semakin menanjak di kalangan anak muda dan pekerja.

Ancaman HIV/AIDS pada kalangan remaja salah satunya disebabkan oleh perilaku berpacaran. Tak menutup mata akan hal ini, Menteri Kesehatan Nafsiah Mboi memberi pesan kepada para remaja.

"Masa pacaran sebenarnya masa yang seharusnya digunakan untuk berkenalan dengan calon pasangan. Sehingga supaya kalau nanti masuk ke jenjang pernikahan, terhindar dari perceraian dan ketidakcocokan karena sudah saling mengenal. Pacaran sehat adalah pacaran yang wajar-wajar saja, tidak boleh sampai menjurus ke perilaku yang menyimpang dan berisiko bagi kesehatan," tutur Nafsiah dalam seminar Hari Anak Nasional 2012 di hadapan pelajar SMA dan SMK yang diundang Kemenkes di Ruang Siwabessy Kemenkes RI, Jakarta, Jumat (13/7/2012).

Nafsiah menyayangkan para remaja seringkali menjadikan masa-masa berpacaran hanya ingin mencari nafsu semata.

"Yang tidak boleh pacaran adalah jika tidak bisa menahan nafsu. Karena saat remaja sedang terjadi pertumbuhan dan perkembangan hormon-hormon seksual. Awalnya mulai dari meraba-raba dan berujung pada perilaku yang berisiko. Itu yang harus diwaspadai dan dihindari," ucapnya.
 
Nasehat Menkes Tentang Pacaran yang Sehat Untuk Remaja

Nafsiah berpesan agar masa remaja tetap indah dan sehat, carilah teman dekat (pacar) yang baik.

"Ingat, jika mau pacaran, pilihlah pacar yang baik. Pacar yang baik bisa membuat diri kita menjadi pribadi yang baik. Jalani pacaran yang sehat. Pacaran yang sehat adalah yang berperilaku wajar, tidak berperilaku menyimpang dan dapat menuai risiko pada kesehatan. Seks bebas dan narkoba merupakan perilaku-perilaku berisiko pada kesehatan," tutupnya.

Article Information



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Simpel News, Published at 05.25 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar