Cara Menyelamatkan Handphone yang Basah

Cara Menyelamatkan Handphone yang Basah

Jika Anda pernah menjatuhkan telepon seluler (ponsel) di kolam renang, masuk ke dalam mesin cuci, atau terjatuh ke dalam toilet, Anda pasti tahu arti kata "panik." Anda mungkin kehilangan foto-foto baru lahir Anda atau lupa untuk menyimpan seluruh daftar kontak Anda. Selain harga Handphone yang mahal ditambah asuransi yang tidak mencakup kerusakan air. Kuncinya adalah bertindak cepat.

Berikut adalah metode yang paling populer untuk menyelamatkan Handphone Anda setelah tercelup dalam minuman atau bak mandi.

1. Ini adalah kebenaran yang diakui secara universal, bahwa langkah pertama yang harus dilakukan adalah melepas baterai. Segera. "Menahan keinginan menyalakan ponsel Anda untuk mengetahui masih berfungsi atau tidak, hanya akan memperparah keadaan," tulis Joel Johnson dari PopularMechanics.com. Keluarkan kartu subscriber identification module (SIM) yang menyimpan sebagian data kontak Anda.

2. Tujuan Anda adalah mencoba untuk mempercepat proses pengeringan tanpa merusak ponsel lebih lanjut. Jika ponsel tetap basah terlalu lama akan mulai menimbulkan korosi. Jangan gunakan pengering rambut, karena terlalu panas untuk mengeringkan. Sebuah pilihan yang lebih baik adalah menggunakan pompa angin. Dapat diatur ke tingkat rendah atau kering.

3. Seka permukaan ponsel dengan handuk kertas atau kertas toilet. Pastikan Anda mengeringkan hingga ke dalam baterai. Menekan pada layar saat kondisi ponsel dalam keadaan basah dapat menyebabkan kerusakan itu.


Cara Menyelamatkan Handphone yang Basah



4. Gunakan kaleng kedap udara, seperti yang dijual dipasaran untuk membersihkan keyboard komputer, untuk mengeringkan setiap kelembaban yang tersisa di telepon. Semprotkan udara pada ponsel sampai Anda memastikan tidak ada area yang basah.

5. Rendam ponsel Anda dalam semangkuk beras semalaman. Beras akan menyerap kelembaban yang tersisa. (gue pernah coba, dan berhasil selamat).


6. Gunakan pompa angin untuk membersihkan ponsel dari debu padi. Pasang kembali kartu SIM dan baterai kemudian nyalakan.

7. Jika tidak berhasil, Anda bisa menegeringkan ponsel yang basah tadi di freezer. Pastikan baterai dan kartu SIM sudah dilepas. Bungkus ponsel menggunakan dua hingga tiga lapis kertas toilet. Masukkan ke dalam freezer selama sekitar 15 hingga 20 menit. Aktifkan kembali ponsel Anda. Jika tidak berhasil, artinya Anda tidak mengeringkan ponsel secepat yang diperlukan. Anda harus mengganti ponsel dengan yang baru.




share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Simpel News, Published at 07.15 and have 1 komentar

1 komentar:

  1. Weeww...manteb bang :D
    Ganti template ni yee...makin keren aja :D

    BalasHapus