Tips dan Trik Belanja Online Saat Liburan

Tips dan Trik Belanja Online Saat Liburan

Hampir setiap aspek dari kehidupan kita, internet telah mengubah cara kita berbelanja juga. Toko online selalu tersedia. Harganya tidak termasuk harga BBM (bahan bakar minyak), parkir dan tidak menghabiskan waktu. 

Anda bisa mendapatkan hampir apapun yang diinginkan dari hampir apapun di mana saja di dunia ini. Menurut Survei Global Ipsos 2012, 4 dari 10 pengguna internet di Indonesia suka belanja online. Hal ini tercatat ada 40 juta pembeli online di Indonesia tahun lalu dan diperkirakan akan ada 175 juta pembeli online tahun 2016 di Indonesia.

Namun, transaksi online melibatkan beberapa hal yang paling sensitif seperti informasi pribadi dan keuangan yang dapat disalahgunakan oleh penjahat cyber. 

Norton Cyber Crime Report 2011: Dampak Manusia mengungkapkan bahwa lebih dari 1 juta orang dewasa di seluruh dunia telah menjadi korban cybercrime sehari-hari. Dengan kata lain, 7 dari 10 orang dewasa telah menjadi korban cybercrime dalam hidup mereka.

Phishing dan pharming adalah contoh di mana penjahat cyber menggunakan email palsu atau halaman website untuk mengelabui orang ke membocorkan nomor rekening dan password. Begitu mereka mendapatkan informasi ini di tangan mereka, mereka dengan hanya beberapa klik saja merampok rekening atau menyalahgunakan identitas Anda.

Tips dan Trik Belanja Online Saat Liburan


Sebuah risiko online utama adalah penggunaan keylogger yang dapat diinstal pada sistem tanpa sepengetahuanaAnda untuk menangkap semua yang anda ketik-baik itu nama pengguna, sandi, atau nomor rekening dan mengirimkan informasi tersebut kembali ke penjahat dunia maya.

Jadi, berikut adalah pertanyaan yang perlu kita tanyakan sebelum melakukan belanja online. Apakah password saya dan nomor kartu kredit aman ketika dimasukkan ke dunia maya? Dapatkah perangkat lunak keamanan saya mendeteksi dan menghapus crimeware? Bagaimana cara mengetahui email palsu dan website yang asli?

Jadilah Waspada, Skeptis & Cerdas

Sebagai pembeli, Anda perlu menyadari akan bahaya dan tahu bahwa membuat satu keputusan yang buruk dapat menyebabkan banyak kerugian dan biaya jika tidak berhati-hati. Berikut adalah beberapa tips yang perlu diingat selama Hari Raya Lebaran:

-. Gunakan kredit bukan debit
Jika anda kebetulan menjadi korban scam, perusahaan kartu kredit mungkin bisa membalikkan tuduhan jika dapat membuktikan bahwa Anda telah menjadi korban. Dengan kartu debit, uang tersebut sudah hilang dan kecil kemungkinan uang dapat diganti.

-. Waspada terhadap email massal
Ini sering jelas ketika email yang anda dapatkan di PC atau mobile phone adalah surat massal yang mencoba untuk menggapai anda agar membeli membeli dan membeli. Jika Anda membuat aturan umum untuk tidak membeli dari perusahaan yang mengirimkan spam, Anda telah menyelamatkan diri anda dari banyak masalah.

-. Berhati-hatilah terhadap website palsu
Pastikan itu sebuah website yang asli. Lihat apakah logo perusahaan tersebut terlihat berbeda. Apakah loga warnanya di off kan? Apakah dieja dengan benar? Apakah ada kesalahan tata bahasa dalam teks yang anda baca?

-. Lindungi kegiatan jaringan sosial media anda juga
Facebook memiliki jutaan pengguna dan ini berarti bahwa penjahat cyber terus-menerus mencari cara untuk menyusup ke jaringan tersebut untuk mencuri identitas orang dan informasi pribadi.

-. Tetap tenang dan gunakan akal sehat Anda
Ya, sebagian besar website dan email benar-benar aman dari bahaya. Tapi ada penjahat cyber di luar sana, dengan memanfaatkan waktu liburan tahun ini seiring persentase penipuan dan aktivitas ilegal di Internet yang melonjak karena ada beberapa dari kita melakukan belanja online selama liburan.

Berhati-hatilah dan menggunakan penilaian terbaik Anda sehingga Anda dapat menghindari korban jatuh selama waktu khusus tahun.

Akhirnya, sama seperti menjaga file fisik dan uang di rumah, Anda juga harus menjaga sarana digital perdagangan secara aman. Dengan komprehensif, yang sah dan up-to-date solusi keamanan tidak hanya menghapus ketidakpastian yang berhubungan dengan transaksi online, hal tersebut membuat kegiatan belanja online anda menjadi lebih aman.



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Simpel News, Published at 23.31 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar