Manfaat Musik Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Musik Untuk Kesehatan Fisik dan Mental

Manfaat Musik Untuk Kesehatan

Manfaat Musik Untuk Kesehatan Anda pasti sudah tahu bahwa mendengarkan musik favorit bisa pengaruhi mood. Namun tahukah Anda bahwa musik juga memiliki pengaruh kuat pada pikiran dan tubuh? Jika Anda termasuk orang yang tidak bisa lepas dari alunan musik tiap harinya, sebaiknya baca manfaat lain dari musik, yang dirangkum dari She Knows berikut ini.

1. Meningkatkan Stamina Saat Olahraga
Musik bisa pengaruhi mood Anda, khususnya saat sedang berolahraga. Jika Anda memainkan musik dengan tempo lambat, secara otomatis juga akan mempengaruhi stamina, tempo dan kecepatan Anda saat berolahraga. Untuk itu, pilihlah lagu dengan tempo yang agak cepat dan bersemangat sehingga kalori pun semakin banyak terbakar karena tubuh akan otomatis bergerak lebih cepat.

2. Musik Bantu Kurangi Stres
Sedang cemas atau takut? Musik bisa bantu Anda menghilangkan stres dan kecemasan, menurut data dari Asosiasi Terapi Musik di Amerika. Penelitian di Fakultas Kedokteran Universitas Yale menemukan, pasien yang mendengarkan musik favorit mereka selama 30 menit sebelum melakukan prosedur operasi, tingkat stresnya berkurang dan lebih santai. Untuk itu, dengarkan sedikit musik favorit sebelum menghadapi momen-momen menegangkan dalam hidup Anda.

3. Meningkatkan Kinerja
Sebuah jurnal dunia kerja yang dikutip dari She Knows menunjukkan, pegawai yang masih muda memiliki konsentrasi yang lebih baik jika mereka mendengarkan musik tanpa lirik. Musik instrumental akan bantu Anda fokus melakukan pekerjaan di kantor. Namun beberapa lagu yang sangat emosional bagi Anda, baik yang sangat atau bahkan tidak Anda sukai, justru akan menghilangkan fokus kerja Anda.

4. Turunkan Volume
Walaupun musik memiliki banyak potensi untuk mempengaruhi mood, namun menyalakannya dengan volume yang sangat kencang bukanlah ide yang baik. Bisa-bisa Anda malah terkena gangguan pendengaran, seperti dalam studi yang dilakukan National Institute on Deafness and Other Communication Disorders. Disebutkan, suara keras sampai 85 desibel bisa menyebabkan kerusakan pendengaran permanen. Jika Anda biasa menghidupkan iPod sampai volume maksimal, Anda berisiko meledakkan gendang telinga Anda dengan lebih dari 100 desibel. Untuk itu, jika teman sebelah dapat mendengar lagu yang didengarkan dari earphone, sebaiknya mulai kecilkan volumenya.

Article Information



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Simpel News, Published at 01.44 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar