Tips Untuk Pemula yang Ingin Membuat Toko Online

Tips Untuk Pemula yang Ingin Membuat Toko Online


Tips Untuk Pemula yang Ingin Membuat Toko Online

Walau terlihat mudah, memulai bisnis online ternyata tidak segampang yang dibayangkan. Diperlukan trik serta strategi tersendiri agar Toko Online Anda bisa dikenal banyak orang dan tentunya laris manis.

Suci Utami, pemilik label Such by Suci Utami berhasil mendapatkan omzet puluhan juta rupiah dari bisnis onlinenya. Wanita yang juga dikenal sebagai blogger hijab ini membagi tipsnya untuk para pembaca wolipop yang ingin memulai bisnis online. Seperti apa tipsnya?

1. Mulai Lewat Facebook
Bagi para pemula bisnis online, Suci menyarankan untuk memaksimalkan penggunaan sosial media Facebook. Kegunaannya, untuk meningkatkan brand awareness dan menggaet para pelanggan.

"(Bisnis) online memang gampang, tapi perlu strategi di balik itu juga. Misalnya ada yang baru memulai usaha di online, sebaiknya coba dulu di Facebook karena bagaimana pun Facebook itu penggemarnya masih banyak," ujar Suci saat diwawancara di Wolipop.

2. Mencoba Sosial Media Lainnya
"Setelah Facebook mulai ke Blogspot mungkin, terus jangan lupa juga ada satu sosial media yang bisa kita manfaatin, yaitu Twitter. Untuk awalnya, create awareness di Twitter bisa menggunakan buzzer, orang yang twitter followernya banyak bisa kita kasih produk kita ke dia untuk dipromosikan," tambah wanita yang berusia 25 tahun itu.

3. Jangan Spamming
Menurut Suci, penggunaan sosial media harus dilakukan dengan bijaksana. Hindari melakukan spamming yang akhirnya membuat orang kesal. "Spamming itu kaya mention-mention orang yang nggak jelas, terus retweet-retweet dan minta follback. Dia randomly tanpa tahu itu target marketnya dia apa bukan, tapi dia main mention-mention segala macem. Di Facebook juga begitu, jangan nge-tag foto sama orang yang nggak dikenal atau bukan temen Facebook kamu karena itu menggangu banget. "

4. Cara Bijaksana
Suci juga menjelaskan cara promosi yang bijaksana dan tidak mengganggu. "Cara wisenya, pilih dulu target audience-nya yang benar-benar cocok, terus giring ke Facebook saja dulu. Kalau dia udah loyal, baru digiring ke sosial media lainnya."

5. Informasi Harus Lengkap
Saat membuat bisnis online, Anda harus menampilkan informasi mengenai produk sebanyak-banyaknya. Hal ini karena para pelanggan tidak bisa menyentuh atau mencoba produk tersebut. Contohnya, bisnis online yang menjual baju. Ada baiknya Anda menulis jenis bahan, ukuran panjang baju, lebar baju, serta detail agar pembeli tidak merasa tertipu ketika mendapatkan barangnya.

6. Foto dengan Kualitas Bagus
Foto adalah kunci utama dalam bisnis online. Foto dengan kualitas buruk bisa membuat pembeli merasa tak nyaman, belum lagi dengan adanya perbedaan warna produk saat di foto dengan produk aslinya. Jangan sampai hanya karena foto yang tidak makslimal, Anda mendapat predikat penipu karena menjual barang yang tidak sesuai dengan keinginan pembeli.

7. Usahakan untuk Menggunakan Model
Foto dengan menggunakan model terlihat lebih hidup, terutama bagi online shop yang menjual pakaian. Dengan menggunakan model, pembeli jadi bisa memperkirakan produk tersebut saat dipakai. Selain itu, model yang sesuai bisa membuat produk jualan tampak lebih eklklusif dan menarik.

Article Information



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Simpel News, Published at 03.22 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar