Anak Terlambat Bicara Apakah Autis?

Anak Terlambat Bicara Apakah Autis?

Anak Terlambat Bicara Apakah Autis? - Keterlambatan berbicara pada anak sering dikaitkan dengan gangguan autisme atau ketidak mampuan berinteraksi dengan lingkungan sosialnya.

Tapi penemuan terbaru menemukan tidak ada hubungan antara anak yang terlambat berbicara dengan gangguan perilaku. Psikolog anak meminta orangtua tidak perlu panik jika si kecil belum terampil berbicara, dan menyarankan untuk menunggu dan mengamati hingga usia anak 5 tahun.

Hal ini karena perbedaan emosi dan perilaku tidak teramati meski anak belum terampil berbicara hingga umur 5 tahun, demikian menurut penelitian terbaru yang dipublikasikan di jurnal Pediatrics.

Menurut penelitian yang dilakukan Andrew Whitehouse, hubungan antara keterampilan berbicara dengan gangguan emosi dan perilaku hanya tampak pada usia 2 tahun. Pada usia ini, anak-anak yang kemampuan bicaranya hanya 15 persen dari rata-rata cenderung rewel.

Anak Terlambat Bicara Apkah Autis?
Meski begitu, orangtua tidak perlu buru-buru mengonsultasikan perbedaan perilaku anaknya tersebut pada psikiater. Langkah yang dianjurkan oleh para peneliti adalah tunggu dan lihat, dengan mengamati perkembangan si anak hingga mencapai umur 5 tahun.

Menurut penelitian tersebut, perbedaan perilaku tidak teramati lagi pada usia 5 tahun meski anak tersebut masih belum terampil berbicara. Artinya kemampuan bicara belum tentu berhubungan dengan gangguan emosi dan perilaku.

"Saya pikir keterlambatan berbicara pada anak bukan satu-satunya faktor yang memicu gangguan emosi dan perilaku di kemudian hari," ungkap Whitehouse yang juga seorang psikolog anak di University of Western Australia seperti dilaporkan Livescience.

Dalam penelitian tersebut Whitehouse mengamati 1.245 anak yang lahir antara tahun 1989-1991. Setelah mensurvei orangtuanya saat berusia 2 tahun, Whitehouse kembali mengamati perkembangan anak-anak tersebut pada usia 5, 8, 10, 14 dan 17 tahun.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Simpel News, Published at 22.35 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar