Hindari Mengkonsumsi Makanan Penyebab Insomnia

Hindari Mengkonsumsi Makanan Penyebab Insomnia


Meski sudah berusaha keras memejamkan mata karena sudah waktunya untuk beristirahat, tetap saja tidak bisa tidur. Padahal banyak tugas yang harus dikerjakan pagi harinya dan membutuhkan tenaga yang cukup untuk menyelesaikannya. Jika Anda penderita insomnia, situasi ini pasti sudah tak asing lagi.

Faktor penyebab insomnia ada banyak, salah satunya adalah gaya hidup. Termasuk di dalamnya adalah pola makan dan jenis makanan yang dikonsumsi. Lalu makanan apa saja yang harus dikonsumsi dan dihindari jika ingin cepat mengantuk?


Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Dikonsumsi Sebelum Tidur

1. Susu sapi

Minumlah segelas susu sapi segar sebelum tidur, karena susu sapi segar mengandung tryptophan dan kalsium yang membuat otot dan saraf lebih sehat. Bagi penderita insomnia, kalsium pada susu sapi segar membantu otak menjadi lebih tenang dan mengurangi beban stress. Dengan pikiran yang tenang dan jauh dari rasa stress, tidur pun akan menjadi lebih nyenyak.

2. Kacang-kacangan, seperti kacang almond

Kacang-kacangan kaya akan vitamin B dan asam folat. Unsur-unsur tersebut membantu tubuh untuk mengatur siklus tidur yang baik. Dari berbagai jenis kacang-kacangan, kacang almond baik untuk dikonsumsi oleh penderita insomnia. Kacang almond akan membuat tekanan darah anda menjadi normal. Tekanan darah yang normal membantu penderita insomnia lebih mudah untuk tidur.

3. Ikan, seperti ikan salmon

Ikan sebaiknya dimasak dengan direbus atau dikukus agar kandungan gizinya tidak hilang. Jenis ikan yang baik untuk penderita insomnia adalah ikan salmon. Ikan ini mengandung asam docosahexaenoic yaitu DHA, yang meningkatkan hormon melatonin pada tubuh. Hormon melatonin adalah hormon yang mengendalikan siklus tidur di otak.

4. Buah-buahan seperti ceri dan pisang

Dari berbagai jenis buah yang ada, ceri dan pisang adalah buah yang dipercaya mampu mengatasi insomnia, karena buah ceri mengandung zat melatonin. Sedangkan pisang mengandung magnesium, potassium, dan tryptophan yang bisa membuat otot dan saraf lebih rileks, serta pikiran menjadi tenang.

Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Sebelum Tidur

1. Kafein

Jauhi minuman atau makanan yang mengandung kafein sebelum tidur, karena kafein menyebabkan jantung berdebar dan tubuh terjaga.

2. Es krim

Sebaiknya hindari makan es krim sebelum tidur, sebab es krim mengandung banyak lemak. Mengonsumsi es krim sebelum tidur membuat tubuh sibuk membakar lemak, bukannya beristirahat.

3. Cokelat hitam

Coklat hitam juga sebaiknya tidak dimakan oleh penderita insomnia sebelum tidur, karena cokelat hitam mengandung kafein.

4. Alkohol

Beberapa orang menganggap meminum alkohol di malam hari membantu tidur cepat. Padahal kenyataannya, alkohol tidak mampu memberikan waktu istirahat yang tahan lama dan tidak membuat kita merasa segar saat terbangun.


share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Simpel News, Published at 01.13 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar