Kenapa Harus Menggunakan Domain .id?

Kenapa Harus Menggunakan Domain .id?

Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (Pandi) dan para registrarnya masih terus coba mengajak pengguna internet Tanah Air untuk menggunakan domain .id. Pun demikian, pasti banyak yang bertanya-tanya, mengapa saya harus memakai domain .id?

Alasan pertama dan menyangkut idealisme adalah, jelas domain .id merupakan identitas bangsa Indonesia. Sehingga jika situs Anda menggunakan domain .id, maka akan langsung teridentifikasi berasa dari Indonesia. "Melalui penawaran domain .id, IM2 ingin menyampaikan bahwa domain .id merupakan identitas kita sebagai bangsa Indonesia karenanya mari kita bersama-sama memasyarakatkan penggunaan domain .id," tutur Adjacent Business Development IM2, Thalhah Fakhrizal, di sela acara Indocomtech 2012.


Kenapa Harus Menggunakan Domain .id?
domain .id

 Alasan lain yang diutarakan IM2 adalah, jika visibilitas merupakan faktor yang dipertimbangkan, maka domain .id juga menjadi pilihan yang tepat apabila konten website menggunakan bahasa Indonesia dan menargetkan pengunjung lokal. Untuk diketahui, saat ini Google menerapkan unsur lokalisasi pada hasil pencariannya. Misalnya, bagi Anda yang berada di Jakarta mencari 'classic motorcycle' di Google, maka yang dihadirkan Google pada hasil pencariannya di posisi teratas adalah 'classic motorcycle' yang berada di Jakarta dan sekitarnya.

 Pencari password yang sama di lokasi berbeda akan mendapatkan hasil yang berbeda pula. Jadi, jika Anda adalah pengusaha yang ingin mempromosikan produk/jasa Anda melalui situs internet dengan target utama adalah masyarakat Indonesia, maka domain .id dianggap sebagai pilihan terbaik. "Penggunaan domain internasional akan mempermudah diindeks oleh Google dan akan mendapat ranking tinggi di hasil pencarian Google kini hanyalah mitos," ujar Thalhah.

 Faktanya, ia melanjutkan, ada jutaan website dengan nama domain internasional dan tidak semua mendapat peringkat bagus. "Peringkat mesin pencari akan kembali kepada kekuatan SEO (Search Engine Optimization) masing-masing. Dan penggunaan nama domain hanya salah satu daru banyak unsur SEO," pungkasnya.

 Menurut data Pandi, jumlah domain .id per Agustus 2012 berkisar 87 ribuan, yang didominasi .co.id dan .web.id. Padahal jumlah pengguna internet Indonesia sudah menembus angka 55 juta. Di sisi lain, Singapura yang populasi penduduknya jauh lebih sedikit dari Indonesia, memiliki sekitar 100 ribuan pengguna domain lokal (.sg). Sementara Malaysia memiliki sekitar 90 ribuan pengguna domain .my.
Article Information



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Simpel News, Published at 21.02 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar