Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Wanita - Berat Badan merupakan hal yg perlu kita perhatikan di saat kita sedang diet ataupun tidak. Dengan mengetahui berat badan yang ideal Anda bisa mengetahui kondisi tubuh Anda, apakah mengalami Obesitas (kegemukan) atau tidak. Hal ini penting karena ketika tubuh memiliki berat yang berlebih akan menyebabkan timbulnya berbagai macam penyakit seperti diabetes, kolestrol, jantung, dan penyakit berbahaya lainya.

Kebanyakan orang yang tidak memahami hal ini biasanya hanya menggunakan prasangka apakah tubuhnya kegemukan ataukah sudah ideal, betul? Pemahaman yang demikian bisa mengakibatkan kesalahan persepsi mengenai tubuh ideal, yang akhirnya pola hidup sehat pun terabaikan karena merasa nyaman dengan keadaanya yang sekarang, right?


Menghitung Berat Badan Ideal Tubuh

Untuk menilai tubuh ideal, Anda jangan berpatokan seperti model iklan ditelevisi, lantaran menurut studi yang dilakukan oleh sekelompok dokter dari Israel menyebutkan bahwa tubuh yang dimiliki model sangat tidak ideal dan tidak patut untuk dicontoh. Untuk itu, kali ini kita akan membahas Cara Menghitung Berat Badan Ideal, berikut saya berikan ada 3 cara, silahkan pilih yg menurut Anda paling mudah:

Cara Pertama Menghitung Berat Badan Ideal 

Berat Badan Ideal = (Tinggi Badan – 100) X 90%
Misalkan Anda mempunyai tinggi badan 165 cm, untuk mengetahui berat badan ideal Anda sebagai berikut:
(165 – 100) x 90% = 58,5 kg. Jadi, berat badan ideal Anda 58,5 kg
Untuk cara ini, apabila berat badan lebih besar 10%-20% dari berat badan ideal Anda berarti Anda memiliki kelebihan berat badan, jika lebih dari 20% dari berat badan ideal Anda berarti Anda mengalami kegemukan/obesitas, jika berat badan Anda kurang 10% dari berat badan ideal Anda berarti Anda termasuk dalam kategori kurus. 

Cara Kedua Menghitung Berat Badan Ideal 

Untuk cara yang ke-2 namanya adalah Indeks Massa Tubuh (IMT), caranya yaitu:
Berat Badan Ideal = Berat Badan : Kuadrat Tinggi Badan (dalam meter)
Misalkan Anda mempunyai berat badan 65 kg dengan tinggi 1,65 m, maka berat badan ideal Anda adalah, 65 : (1,65 x 1,65) = 23,8. Selanjutnya, perhatikan angka dibawah ini:
<17 = Anda kekurangan BB tingkat berat
17 = Anda kekurangan BB tingkat ringan
18,4 – 21 = Normal
21,1 – 27 = Anda kelebihan BB tingkat ringan
27,1 – 30 = Anda kelebihan BB tingkat sedang
>30 = Anda kelebihan BB tingkat berat.
Jadi, Anda tergolong dalam kategori gemuk karena Indeks Massa Tubuh Anda menunjukkan 23,8.

Cara Ketiga Menghitung Berat Badan Ideal 

Ini adalah cara paling mudah yang dapat Anda lakukan, caranya ukur lingkar pinggang Anda menggunakan jengkal. Satu jengkal biasanya sekitar 20 cm, untuk lingkar pinggang wanita tidak boleh 4 jengkal (80 cm), dan untuk pria tidak boleh lebih dari 4,5 jengkal (90 cm).

Mungkin hanya itu sajayg dapat saya publikasikan buat Snipers mengenai Cara Menghitung Berat Badan Ideal, semoga bermanfaat dan saran saya, sayangilah kesehatan Anda!



share this article to: Facebook Twitter Google+ Linkedin Technorati Digg
Posted by Simpel News, Published at 23.55 and have 0 komentar

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar